Cara Pakai TikTok Ads dari Awal hingga Tayang

TikTok Ads
Sumber: Freepik

Apa Itu Tiktok Ads dan Apa Manfaatnya untuk Bisinis?

Tiktok ads merupakan platform periklanan berbayar yang memiliki berbagai tools seperti targeting, pengaturan budget, analytics, dan format iklan.

Platform ini memudahkan bisnis untuk membuat target yang relevan. Tools targeting dapat membantu menargetkan audiens secara spesifik berdasarka usia, Lokasi, minat, dll.

Tools lain yang dimiliki platform ini juga memberi banyak manfaat lain seperti; peluang jangkauan audiens yang luas, format iklan yang natural membuat iklan tidak kaku sehingga dapat meningkatkan interaksi dengan audiens.

Manfaat lain yang tidak kalah penting Adalah sistem analitik dan pelacak performa yang tersedia menunjukan hasil kampanye dan membantu optimasi.

Untuk dapat merasakan tools yang dimiliki platform ini berikut tata cara penggunaannya dari awal hingga tayang.

Baca Juga: Social Media Ads Agency Penting untuk Produk Baru

 Cara Menggunakan Tiktok Ads

1. Buat Akun bisnis

Fitur ads hanya bisa diakses oleh pengguna “business account”jadi pastikan akun yang digunakan untuk iklan bukan akun personal.

2. Tentukan Tujuan Campaign

Pilih tujuan dari campaign yang berupa interaksi, leads, konversi, awareness, ataupun traffic.

3. Atur Budget dan Target Audiens TikTok Ads

Atur budget sesuai kebutuhan bisnis dan spesifikasikan audiens berdasarkan demografi, minat, dan perilaku.

4. Siapkan konten dengan format video atau gambar dengan CTA yang jelas

Gunakan video yang menarik, sesuai tren TikTok: vertical, cepat, kreatif. Sertakan call-to-action (CTA) yang jelas.

5. Luncurkan Kampanye, Pantau, dan Optimalkan

Setelah konten iklan sudah tayang, cek performa konten dan lakukan optimasi.

Jenis Iklan TikTok Ads dan Cara Mengoptimalkannya

Tiktok Ads menawarkan berbagai format seperti format In-Feed yang tampil layaknya konten biasa, Format iklan TopView yang muncul full-screen saat aplikasi dibuka, serta format Spark yang memperluas jangkauan konten organik .

Ada juga pilihan interaktif seperti Hashtag Challenge, Branded Effect, Brand Takeover, dan Live/Shopping Ads untuk kampanye berskala besar.

Agar hasilnya efektif, gunakan video vertikal yang menarik dan mengikuti tren TikTok, sertakan CTA yang jelas, pahami karakter audiens, serta lakukan optimasi rutin seperti A/B testing dan penyesuaian targeting agar performa kampanye terus meningkat.

Baca Juga : Seberapa Efektif Iklan Media Sosial

Butuh Bantuan Untuk Mengelola TikTok Ads?

Rocket Digital Agency  merupakan creative digital agency yang memahami dinamika iklan digital. Kami bisa membantu Anda mengelola segala platform pengiklana dari mengatur strategi hingga penayangan konten serta optimasi. Yuk, Hubungi Sekarang!

Penulis : Atika Zahrah Aulia