Strategi Analisis Kompetitor Bisnis Agar Lebih Unggul!

Strategi Analisis Kompetitor Bisnis Agar Lebih Unggul!
Sumber : Freepik

Strategi analisis kompetitor bisnis online menjadi sangat penting di era digital yang kompetitif seperti sekarang. Untuk mencapai keberhasilan, memahami siapa saja pesaing Anda dan bagaimana mereka bergerak adalah langkah krusial.

Oleh karena itu, artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah dalam melakukan strategi analisis komprehensif, sesuai dengan praktik terbaik yang kami ajarkan di Rocket Digital Academy

Baca juga: 15 competitor analysis tools to keep tabs on your competition

1. Menganalisis Siapa Saja Kompetitor Bisnis Anda

Ada tiga jenis utama pesaing yang perlu Anda kenali:

  • Pesaing Langsung: Mereka yang menawarkan produk/layanan yang sama kepada target audiens yang sama.
  • Contoh: Perusahaan digital agency lain yang menawarkan jasa SEO dan iklan digital seperti Rocket Digital Agency
  • Pesaing Tidak Langsung: Mereka yang menawarkan produk/layanan yang berbeda tetapi masih memecahkan masalah yang sama bagi audiens Anda.
  • Pesaing Pengganti: Mereka yang memiliki solusi yang benar-benar berbeda tetapi dapat menggantikan produk/layanan Anda (misalnya: bootcamp offline menggantikan bootcamp online kami).

2. Menggali Strategi Konten dan SEO Milik Pesaing

Setelah Anda menemukan kompetitor bisnis Anda, langkah berikutnya adalah menganalisis strategi digital marketing mereka secara mendalam. Fokus utama Anda seharusnya pada konten dan optimasi mesin pencari. Perhatikan jenis konten yang paling sering mereka bagikan—misalnya, artikel panjang, infografis, atau tutorial video.

Tentunya, Anda juga perlu memeriksa aspek on-page SEO mereka. Apa saja kata kunci unggulan yang mereka bidik? Bagaimana struktur URL (slug) mereka?

3. Menganalisis Kata Kunci (Keyphrase) Bisnis Kompetitor

  • Gunakan tools seperti Ahrefs atau SEMrush untuk melihat keyphrase dengan ranking tertinggi.
  • Perhatikan Keyphrase density mereka; apakah terdistribusi secara alami? Kami di rocketdigital.id selalu menekankan distribusi keyphrase yang relevan, bukan hanya pengulangan.

4. Struktur Website dan Konten Bisnis Kompetitor

agaimana subheading distribution mereka? Apakah konten mereka mudah dibaca dengan pemecahan subjudul yang jelas?

Lihat panjang teks (Text length) yang berhasil mendapatkan ranking tinggi—biasanya artikel yang komprehensif (minimal 1000 kata) cenderung unggul.

Bagaimana paragraph length mereka? Apakah mereka menggunakan kalimat yang singkat dan padat (mengurangi Sentence length yang terlalu panjang)?

Kesimpulan

Strategi analisis kompetitor bisnis online adalah proses berkelanjutan yang esensial untuk memenangkan pasar digital. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengidentifikasi kelemahan pesaing dan mengubahnya menjadi peluang emas

Baca Juga : Manfaat Testimoni Pelanggan Dalam Bisnis, Yuk Disimak!

Penulis : Luthfi M.A